Aplikasi Komputer




KATA PENGANTAR


Penggunaan komputer sekarang ini semakin dirasakan manfaatnya dalam membantu menyelesaikan pekerjaan rutinitas sehari-hari. Terbukti dengan ditandai semakin banyaknya pengguna komputer baik di perusahaan, instansi pemerintah, pendidikan, riset, telekomunikasi dan lain sebagainya.
Buku ini sangat sesuai digunakan bagi para pemula yang mau belajar komputer program Microsoft Word dan Exel. Di buku ini penulis tidak bertele-tele dalam penggunaan bahasa. Penulis dalam penulisannya selalu menggunakan bahasa yang singkat dan padat, supaya lebih mudah di mengerti dan di fahami oleh para pembaca.
Microsoft Word dan Microsoft Exel dalam buku ini hanya dibahas sebagian besar saja. Dikarnakan yang paling terpenting ialah adanya keinginan kita untuk terus belajar dan mempraktikannya sendiri.
Dalam kesempatan ini penulis ingin mengungkapkan rasa terima kasih dan memberikan penghargaan yang sebedar-besarnya kepada Bapak Nur Lukman ST.,M.Kom atas bimbingan dan keikhlasan beliau dalam pengajaran mata kuliah Aplikasi Komputer. Juga pada orang tua dan saudara yang telah memeberikan kasih sayang kepada penulis sehingga penulis dapat tumbuh menjadi manusia yang mudah-mudahan berguna bagi kehidupan. Dan juga ucapan terimakasih kepada Kang AL dan pihak-pihak yang mendukung akan terbuatnya buku ini untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuliah Aplikasi Komputer, semoga segala amat ibadahnya dibalas oleh Allah SWT, Aamiin.
Penulis menyadari bahwa buku ini belum sempurna. Oleh karena itu penulis menerima saran dan kritik dari para pembaca guna kesempurnaan buku ini. Semoga buku ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. Aamiin.
Bandung, Mei 2016

Risya Nur Rayhani     



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.  Pengenalan Komputer

Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan.
Komputer berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan untuk kontrol peralatan

1.2.  Generasi komputer

       I.            Komputer Generasi 1 : 1946 - 1959
Dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Ciri komputer generasi pertama :
·         Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
·         Program dibuat dengan bahasa mesin ;  ASSEMBLER
·         Ukuran fisik komputer sangat besar, Cepat panas 
·         Proses kurang cepat , Kapasitas penyimpanan kecil 
·         Memerlukan daya listrik yang besar 
·         Orientasi pada aplikasi bisnis

    II.            Komputer Generasi 2 : 1959 – 1964
Pada tahun 1948,penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.  Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio,dan komputer.Akibatnya, ukuran  mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956.  Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi  dibanding para pendahulunya. Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah  IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik. 
Ciri komputer generasi kedua :
·         Sirkuitnya berupa transistor
·         Sudah ada sistem operasi 
·         munculnya COBOL, FORTRAN, ALGOL
·         Kapasitas memori utama sudah cukup besar dan proses operasi sudah cepat 
·         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik 
·         Berorientasi pada bisnis dan teknik.

 III.            Komputer Generasi 3 : 1964 – 1970
Salah  satu kemajuan komputer generasi ketiga adalah  penggunaan sistem operasi (operating  system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program  utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri komputer generasi ketiga :
·         Menggunakan IC ( Integrated Circuit ) 
·         Pemrosesan lebih cepat 
·         Kapasitas memori lebih besar lagi 
·         Penggunaan listrik lebih hemat 
·         Bentuk fisik lebih kecil 
·         Banyak bermunculan application software 

 IV.            Komputer Generasi 4 : 1970 – 1990
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan  komponen-komponen elektrik. Large Scale  Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam  sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam  sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. 
Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,  kantor, dan sekolah.
Ciri komputer generasi keempat :
·         Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) 
·         Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
·         Munculnya PC
·         IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama 
·         Cray 1, Komputer super pertama 
·         Apole II, Personal Computer pertama 
·         Komputer IBM PC yang pertama 
·         Pentium II
·         AMD K6 3D

    V.            Komputer Generasi 5
Contoh  imajinatif  komputer generasi kelima adalah  komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah  komputer generasi  kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
 VI.            Komputer Generasi 6
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.
Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

1.3.  Jenis-jenis komputer

Jenis-Jenis Komputer Ditinjau dari beberapa hal, komputer memiliki kelompok tersendiri dalam pembagian jenisnya. Terdapat komputer yang dikelompokkan berdasarkan generasi, cara kerja, penggunaan, kapasitas memori dan berdasarkan ukuran fisik. Berikut penjelasan singkatnya :
1.    Komputer berdasarkan data yang diolah
a.       Komputer analog
Komputer analog merupakan komputer yang bekerja secara kontinu, digunakan untuk menerima sinyal analog yang sifatnya kontinu berbentuk gelombang dan tidak berbentuk angka serta tidak memerlukan bahasa perantara. Komputer ini digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Contohnya seismograf yang merekam gelombang yang menjalar di bawah permukaan bumi secara kontinu.
b.      Komputer digital
Komputer digital merupakan komputer yang menerima data digital yang berbentuk angka atau huruf. Fungsinya untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik.
c.       Komputer hybrid
Komputer jenis ini dapat menerima dan mengolah data secara kuantitatif maupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakn gabungan dari komputer analog dan digital. Komputer jenis ini digunakan di rumah sakit dan digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.

2.    Komputer berdasarkan penggunaannya
a.    Komputer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah khusus atau satu masalah saja. Komputernya dapat berupa digital maupun analog. Sekali special purpose computer sudah diprogram untuk masalah yang khusus maka tidak bisa lagi digunakan untuk hal-hal lainnya tanpa diubah ulang. Contohnya SPC digunakan untuk simulasi interaksi sistem partikel.
b.    Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk pemecahan banyak hal untuk keperluan umum, dapat digunakan program yang berbeda-beda dalam satu komputer. Contohnya personal computer.
3.    Komputer berdasarkan kapasitas memori dan ukurannya
Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data seperti kapasitas main memory, konfigurasi dari operand regiter, kecepatan mengolahnya, jumlah dan macam alat-alat input dan outputnya, dan ukuran fisik komputer dan ruangan yang dibutuhkan.

a.       Komputer mikro (Micro computer)
Komputer dengan mikroprosesor sebagai pusat pengendali utamanya. Komputer ini khususnya digunakan untuk single user bisa juga disebut dengan komputer dekstop atau personal komputer. Ukuran komputer mikro memorinya berkisar 16 MB sampai lebih dari 128 MB. Pengguna yanag sangat populer pada rumah atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.
b.      Komputer mini (Mini computer)
Komputer mini dapat bersifat multi user memiliki beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.
c.       Komputer kecil (Small computer)
Komputer kecil disebut juga small-scale mainframe computer, kebanyakan menggunakan sistem multi programming, multi process dan virtual storage dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan.
d.      Komputer menengah (Middle computer)
Komputer menengah disebut juga medium-scale mainframe computer. Biasanya komputer menengah digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputer. Pusatnya menggunakan komputer menengah dan terminalnya menggunakan mini computer atau mikro yang diosebut penerapan konsep Distribusi Data Processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.
e.       Komputer besar (Large computer)
Komputer ini disebut juga mainframe computer atau large scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer mainframe mempunyai kecepatan sampai 400 MIPS. Perusahaan-perusahaan besarlah yang sering kali menggunakannya. Ratusan pengguna dapat mengoperasikan komputernya dalam waktu bersamaan.
f.       Komputer super (Supercomputer)
Komputer ini disebut juga parallel processor dan merupakan komputer yang powerfull atau sangat luar biasa. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus secara paralel untuk menjalankan tugasnya. Umumnya digunakan untuk pemrosesan data besar, seperti sensus, statistikkonsumen dan industri, Enterprise Resource Planning, risel ilmiah.
4.    Komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisik.
a.      Tower (menara)
Biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya besar sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat card tambahan)
b.      Dekstop (meja)
Komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Harganya yang murah memungkinkan banyak orang menggunakannya dibanding komputer bentuk lain.
c.       Portable
Komputer ini sedikit lebih kecil dari Dekstop, karena baian-baiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering bertugas di lapangan. Komputer ini tidak populer karena relatif besar dan berat.
d.      Notebook
Komputer dengan ukuran sebesar buku. Tebalnya berkisar 1 hingga 1 setengah inci dan beratnya antara 4 sampai 6.
e.       Subnotebook
Ukuran laptop ini dipertengahan antara notebook dengan palmlaptop. Ukurannya sedikit lebih kecil dari notebook karena ada perangkat yang tidak dimiliki oleh sub notebook yaitu disk drive.
f.       Palmtop
Komputer genggam satu ini sangat kecil dan sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik melainkan baterai kecil biasa. Kelemahannya adalah terlalu kecil sampai-sampi menyulitkan pengguna

5. Berdasarkan perkembangan hardware
  • Generasi pertama (Colossus, MarkI, ENIAC, EDVAC, UNIVAC I)
  • Generasi kedua ( Strech and LARC)
  • Generasi ketiga (menggunakan transistor)
  • Generasi keempat (menggunakan IC)
  • Generasi kelima
6.    Berdasarkan perkembangan software
a.         Era Pioner
Pada era ini, perangkat lunak satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Contohnya ENIAC.
b.        Era Stabil
Pada era ini dikenal sistem basis data yang memisahkan antara program dengan data.
c.         Era Mikro
Perangkat lunak sudah bisa dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
d.        Era Modern
Tidak hanya komputer, peralatan lainnya hingga mesin cuci dan microwave telah ditanamkan sistem perangkat lunak untuk mengatur pengoperasiannya. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak pun ditunjukkan oleh perangkat lunak yang semakin banyak dan mulai bisa mengenal suara dan gambar.

BAB 2
MICROSOFT WORD

2.1.  Memulai Microsoft Word

2.1.1.    Memulai Program Microsoft Word

Microsoft word baru dapat dijalankan apabila system operasi windows dan office-nya telah terinstall. Langkah-langkah memulai program Microsoft Word adalah sebagai berikut :
Ø  Klik tombol Start yang ada pada taskbar
Ø  Muncul sejumlah menu, pilih Program
Ø  Klik Microsoft Office
Ø  Klik Microsoft Word
Ø  tunggu hingga jendela layar Microsoft Word terbuka

2.1.2.    Mengenal Elemen Jendela Microsoft Word

Gambar 1
Jendela MS.Word 2010
Keterangan:
Title Bar                     : baris judul, yang membuat nama aplikasi dan nama file dokumen.
Icon Conrol Menu     : berfungsi untuk mengontrol tampilan jendela Ms.Word yaitu restore, move, minimize, maximize, dan close.
Control Bar               : fungsinya sama dengan Icon Control Menu.
Menu Bar                   : berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai submenu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya menu File, maka sub menunya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu ini terdiri dari Menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help tapi daftar menu juga dapat kita tambahkan sesuai dengan keperluan kita. Menu ini dapat kita pilih dengan cara meng-klik nama menu.
Toolbar                      : baris icon/gambar/simbol yang mewakili perintah. Toolbar berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perintah.
Ruler                          : sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margim (batas) ukuran dari lembar kerja. Juga dapat digunakan untuk indentasi dari tabulasi.
Scroll Bar                   : berfungsi untuk menggeser kertas kerja. Jika ingin menggeser kertas kerja ke atas dan ke bawah gunakanlah vertical scroll bar. Kalau menggeser kertas kerja ke kiri dan ke kanan gunakanlah horizontal scroll bar.
Status Bar                  : berfungsi untuk memberikan informasi keberadaan kursor dan informasi lainnya seperti mode sisip dan mode timpa.
Pointer Mouse           : berfungsi sebagai petunjuk mouse, jika mouse digerakan maka pointer mouse ikut bergerak.
Task Bar/Startbar     : tempat tombol start  untuk memulai suatu aplikasi dan tempat icon jendela aktif atau tempat informasi lainnya seperti bahasa, waktu dan systry.
Task Pane                  : akan muncul ketika aplikasi word dibuka dan menampilkan beberapa menu seperti getting started, help seacr result, clip art, new documen, style, dan sebaginya. Digunakan untuk memudahkan perintah-perintah khusus sesuai dengan menu yang tampil. Untuk menampilkan atau menutup task pane ini dapat memalui menu view-task pane.

2.1.3.    Membuat Dokumen Baru

Langkah untuk membuka lembar kerja baru/dokumen baru dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
Ø  Meng-klik menu File lalu pilih dan klik New, sehingga muncul kotak dialog new, pada kotak dialog New pilih tab general dan klik Blank Document lalu klik OK.
Ø  Dengan mengklik Icon New

2.1.4.    Mengakhiri Progam Microsoft Word

                Sebelum kita mengakhiri word apabila file itu penting maka kita terlebih dahulu menyimpan file yang kita kerjakan tersebut. Kemudian pilih salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Word  berikut ini:
Ø  Pilih dan klik File, Exit, atau
Ø  klik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word

2.2.  Mengedit Teks (Editing)

Kursor adalah tanda hitam dilayar yang berkedip dalam dokumen berfungsi sebagai tempat memulai pengetikan. Adapun cara pindah kursor menggunakan mouse yaitu dengan meng-klik pada daerah yang diinginkan. Sedangkan jika menggunakan keyboard adalah sebagai berikut:
Tombol
Fungsi
         Atau
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu karakter
         Atau 
Berpindah ke atas atau ke bawah satu baris
Ctrl        atau Ctrl
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu kata
Ctrl   atau Ctrl
Berpindah ke atas atau ke bawah satu paragraf
Home atau End
Berpindah ke awal atau ke akhir baris
Ctrl+Home atau Ctrl+End
Berpindah ke awal atau ke akhir dokumen
PgUp atau PgDn
Berpindah ke atas atau ke bawah satu layer
Ctrl+PgUp atau Ctrl+PgDn
Berpindah ke atas atau ke bawah satu halaman
            Blok Teks dilakukan jika kita ingin mengolah teks seperti meng-copy, memindahkan, menghapus atau pengolahan teks yang lainnya, maka kita harus mem-blok teks tersebut terlebih dahulu. Teks yang di blok warnanya berbeda dengan yang lain. Mem-blok teks dapat kita lakukan dengan tiga cara yaitu dengan menggunakan menu edit, keyboard, atau mouse. Adapun cara-cara blok teks menggunakan keyboard seperti pada tabel berikut:
Menggunakan Keyboard
Fungsi
Shift +  atau Shift +
Mem-blok ke kanan atau ke kiri satu karakter
Shift +  atau Shift + 
Mem-blok ke atas atau ke bawah satu baris
Ctrl+Shift  atau Ctrl+Shift   
Mem-blok ke kanan atau ke kiri satu kata
Ctrl+Shift  atau Ctrl+Shift   
Mem-blok ke awal atau ke akhir paragraph
Shift+Home atau Shift+End
Mem-blok ke awal atau ke akhir baris
Ctrl+Shift+Home atau Ctrl+Shift+End
Mem-blok ke awal atau ke akhir dokumen
Shift+PgUp atau Shift+PgDn
Mem-blok ke atas atau ke bawah satu layar
Ctrl+A
Mem-blok satu dokumen (seluruhnya)
Meng-copy teks dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Ø  Blok teks yang akan digandakan
Ø  Klik menu Edit lalu klik Copy atau tekan Ctrl+C
Ø  Simpan kursor di lokasipengkopian
Ø  Klik menu Edit lalu klik Paste atau tekan Ctrl+V

2.3.  Format Font (Karakter/Huruf)

Format font merupakan fasilitas pada Ms.Word yang digunakan untuk memanipulasi atau pengaturan karakter/huruf pada teks yang kita ketik. Dalam mengatur karakter/huruf, kita dapat menggunakan tiga cara, yaitu:
1.      Format Font Menggunakan Kotak Dialog Font
Langkah-langkah pengaturan huruf menggunakan kotak dialog font, adalah sebagai berikut:
·         Blok teks yang ingin kita rubah
·         Tampilkan dialog font dengan cara Klik menu Format, atau klik Font, atau klik kanan di daerah yang di blok sehingga tampil menu PopUp pilih Font atau tekan tombol CTRL+D sehingga muncul kotak dialog font sebagai berikut:
 
Gambar 2
Format Font
Keterangan:
Font, digunakan untuk pengaturan jenis huruf, model huruf, ukuran huruf, model garis bawah, warna garis bawah dan effek dari huruf.
2.      Format Font Menggunakan Icon pada Toolbar Formatting
Dengan menggunakan icon toolbar kita dapat melakukan pengaturan terhadap huruf sebagai berikut:
Gambar 3
 Format Font Toolbar Formating
cara kerja dari icon tersebut adalah dengan cara meng-kliknya. Dan untuk menonaktifkan/membatalkan perintah yaitu dengan meng-klik satu kali lagi.
3.      Menggunakan Keyboard
Tombol
Fungsi
Ctrl+B
Untuk menebalkan huruf (bold)
Ctrl+l
Untuk memiringkan huruf (italic)
Ctrl+U
Untuk memberikan garis bawah pada huruf
Ctrl=[atau Ctrl+]
Ctrl+Shift+<>
Untuk memperkecil atau memperbesar huruf (Font Size)
Ctrl +=
Untuk subscrip
Ctrl+Shift+=
Untuk superscrip

2.4.  Format Paragraph (Pengaturan Paragraph)

Format paraghraph merupakan fasilitas pada Ms.Word yang digunakan untuk memanipulasi atau pengaturan paragraph pada teks yang kita ketik.
Gambar 4
 Format Paragraph
Formatting Paragraph Dengan Cara Menggunakan Keyboard:
Tombol
Fungsi
Ctrl+L
Rata kiri
Ctrl+R
Rata kanan
Ctrl+E
Rata tengah
Ctrl+J
Rata kiri kanan
Ctrl+M
Left indent
Ctrl+0
Spacing before 12 point
Ctrl+1
Spasi single
Ctrl+2
Spasi double
Ctrl+5
Spasi 1.5

2.5.  Tabulasi

Tabulasi didefinisikan sebagia titik pada penggaris horosontal yang mengindikasikan tempat indentasi teks atau awal kolom baru pada sebuah paragraph, sewaktu anfa menekan tombol Tab pada keyboard. Tabulasi dapat digunakan untuk membuat teks yang berbentuk kolom, daftar isi dan indentasi dengan cara praktis dan rapi.

2.6.  Bullet And Numbering

Bullet and Numbering merupakan bagian dari perintah  formatting yang digunakan untuk penandaan dan penomoran pada teks. Ada beberapa cara pemakaian bullet and numbering yaitu dengan menggunakan kotak dialog bullet and numbering, dan menggunakan icon.
Gambar 5
 Bullet and Numbering

2.7.  Format Painter

Format painter merupakan fasilitas bantu untuk menyamakan format dari suatu teks baik berupa format font, paragraf, bullet numbering, border, shading, tabulasi atau style. Penggunaan format painter ini akan membantu dalam efisiensi dan efektivitas kerja. Adapun capa pemakaian format painter  adalah sebagi berikut:
a.       Tempatkan kursor atau blok teks yang sudah diberi perintah formatting
b.      Aktifkan atau klik icon format painter yang akan disamakan formatnya
c.       Setelah di klik atau drag maka format teks akan sama
Untuk beberapa teks yang sama formatnya, supaya tidak bolak-balik ke format paiter, maka icon format painter tersebut di klik dua kali (double klik) kemudian klik atau drag pada teks yang akan disamakan formatnya.

2.8.  Columns

Columns merupakan fasilitas format yang biasanya digunakan untuk membagi teks kedalam beberapa kolom. Penggunaan format column ini sering dipakai dalam membuat format penulisan koran, majalah atau bulletin. Langkah membuat kolom melalui kotak dialog adalah dengan meng-klik Page Layout kemudian klik Columns dan akan terlihat kotak seperti ini:
Gambar 6
 Collumn

2.9.  Table

Table adalah merupakan perintah yang menampilkan data atau informasi dalam bentuk baris dan kolom. Seluruh perintah untuk membuat dan memanipulasi tabel termuat dalam menu Insert kemudian klik Table.
Gambar 7
 Table

2.10.        Footnote Dan Endnote

Footnote (catatan kaki) dan Endnote (catatan akhir) adalah informasi/catatan mengenai suatu topik untuk memberikan keterangan tambahan pada naskah/teks, misalnya penjelasan tentang referensi, penjelasan detail dan sebagainya.

2.11.        Page Setup (Pengaturan Halaman­­)

Page setup adalah fasilitas Ms.Word yang berguna untuk pengaturan halaman. Pengaturan halaman dapat dilakukan melalui kotak dialog page setup atau menggunakan ruler. Jika kita mengatur halaman melalui kotak dialog page setup kita akan menemui tiga tab yaitu margin tab, paper tab, layout tab. Langkah-langkah pengaturan halaman dapat dilakukan sebagai berikut:
Ø  Pilih dan klik menu File, Page Setup atau double klik daerah ruler yang berwarna kusam. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan seperti berikut ini:
Gambar 8
 Page Setup
Ø  Pada tab Margin, tentukanlah jarak batas yang anda inginkan:
·        Top       : untuk menentukan batas margin atas pengetikan
·        Bottom  : untuk menentukan batas margin bawah pengetikan.
·        Left       : untuk menentukan batas margin kiri pengetikan.
·        Right     : untuk menentukan batas margin kanan pengetikan.
·        Gutter   : untuk menambahkan jarak penjilidan jika perlu.
·        Gutter position : untuk menentukan letak jilid (atas, kiri atau kanan)
·        Tentukan arah kertas pada bagian orientation: potrait (tegak) atau landscape (terlentang)

2.12.        Penomoran Halaman

Untuk membuat penomoran halaman kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
·         Klik menu Insert, lalu klik Page Numbers, dan akan di tampilkan kotak dialog sebagai berikut:
Gambar 9
 Page Number
·         Maka selanjutnya akan di tampilkan kotak dialog Page Number Format sebagai berikut:
Gambar 10
Format Page Number
Setelah itu aturlah sesuai kebutuhan, kemudian klok OK untuk menyetujui atau Cancel untuk membatalkan. Jika kita ingin mengubah format font nomor halaman, maka kita bisa membukanya melalui jendela Header and Footer.

2.13.        Section

Section adalah salah satu bagian dari dokumen. Secara fisik section ini tidak dapat kita lihat, tidak seperti paragraph, kolom atau halaman. Section dapat dilihat dari perbedaan format yang ada. Adapun untuk melihat tanda section kita dapat mengaktifkan show hide paragraph mark dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+8 pada keyboard. Langkah membuat section break dengan pilih menu Page Layout kemudian klik Breaks pada Page Setup seperti berikut ini:
Gambar 11
Section
Keterangan:
Page Breaks terdiri dari:
·         Page break : untuk menambah halaman baru
·         Colum break : untuk pindah colom
·         Teks wreaping : untuk menambah/menurunkan satu paragraph
Section Breaks terdiri dari:
·         Next Page : untuk membedakan section di halaman baru
·         Continuos : untuk membedakan section dalam satu halaman yang sama
·         Even page : untuk membedakan section pada halaman genap
·         Odd page : untuk membedakan section pada halaman ganjil

2.14.        Header And Footer

Header and Footer merupakan bagian dari perintah penyisipan. Header adalah tulisan yang selalu ditampilkan dibagian atas halaman suatu dokumen. Footer adalah tulisan yang selalu ditampilkan dibagian bawah halaman. Dan juga bisa digunakan untuk penomoran halaman.

2.15.        Mail Merge (Surat Berantai)

Mail merge merupakan fasilitas dalam Ms.Word yang digunakan untuk membuat surat berantai, label, amplop, atau katalog. Surat berantai merupakan surat yang memiliki isi yang sama tetapi ditujukan kepada orang yang berbeda. Oleh karena itu dengan menggunakan peintah mail merge ini memudahkan kita untuk mengirimkan beberapa surat yang sama tetapi ditujukan kepada objek yang berbeda seperti nama, alamat, dan sebagainya kita hanya membuat satu surat saja.
Perintah untuk membuat mail merge bisa kita dengan mengklik Mailings  Select Recipients Type New List  kemudian akan muncul tapilan seperti ini:
Gambar 12
 Mail Merge
Setelah itu klik Customize columns kemudian edit sesuai kebutuhan. Selanjutnya untuk menambah tujuan calon penerima surat dapat langsung mengklik New Entry kemudian klik ok.

2.16.        Print (Percetakan)

Dokumen yang telah selesai kita ketik dapat langsung kita cetak pada kertas melalui printer. Perintah percetakan dapat dilakukan dengan mengklik icon print atau melali kotak dialog print. Untuk menampilkan kotak dialog print dapat dilakukan melalui menu file print atau ctrl+P sehingga tampil kotak dialog print sebagai berikut:
 
Gambar 13
 Print
Sebelum print dokumen sebaiknya diatur terlebih dahulu dokumen mana yang akan di print, berapa banyak dokumen yang akan di print, dan sebagainya. Setelah itu klik tulisan print yang diatasnya terdapat icon print.

BAB 3
MICROSOFT EXCEL

3.1.  Memulai Microsoft Excel

Microsoft Excel baru dapat dijalankan apanila system operasi windows dan office-nya telah kita installkan. Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya. Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah umum yang digunakan pada Ms.Excel. setiap aplikasi berbasis windows pada dasarnya sama yaitu terdiri dari title bar, menu bar, tools bar, scrollbar, status bar dan kertas kerja.
Gambar 14
 Jendela MS.Excel
Berikut ini adalah nama bagian-bagian dari microsoft excel beserta penjelasannya:
Bagian
Penjelasan
Judul window
Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.
Office Button
Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish. Incpect Document.
Tab Sistem Menu
Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
Ribbon
berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
Penggulung Sheet
Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulungsheet, yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihatsheet yang panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll bar) untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
Baris Formula
Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :
· Pada kotak paling kiri (name box) menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
· Tanda sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
· Informasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang
Judul Kolom
Judul kolom (column heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256 (28) kolom.
Nomor Baris
Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.
Baris Status
Baris status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.
Tab Sheet
Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku kerja).
Penunjuk Sel
Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.

3.2.  Editing

Ada beberapa cara untuk memindahkan cell pointer. Untuk lengkapnya silahkan lihat tabel dibawah ini :
Tombol
Fungsi
← ↑ → ↓
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
Tab
Pindah satu sel ke kanan
Enter
Pindah satu sel ke bawah
Shift + Tab
Pindah satu sel ke kiri
Shift + Enter
Pindah satu sel ke atas
Home
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
Ctrl + Home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl + End
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
PgUp
Pindah satu layar ke atas
PgDn
Pindah satu layar ke bawah
Alt + PgUp
Pindah satu layar ke kiri
Alt + PgDn
Pindah satu layar ke kanan
Ctrl + PgUp
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya
Ctrl + PgDn
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya

3.3.  Format Cell

Format cell adalah fasilitas pada Ms.Excel yang digunakan untuk memanipulasi tampilan cell baik dari segi format, kategori data, perataan, huruf atau font, border, dan atau warna latar cell, sehingga tampilan dari cell terlihat lebih menarik.

3.4.  Menggunakan Rumus Dan Fungsi

1.      Rumus atau Formula
Dalam Microsoft Excel, untuk melakukan operasi dasar matematika seperti penambahan, pengurangan atau perkalian; menggabungkan nomor, gunakan operator aritmatika sebagai berikut:
Aritmatika
Arti
Contoh
+ (tambah)
Penjumlahan
3+3
– (kurang)
Pengurangan
3–1–1
* (kali)
Perkalian
3*3
/ (bagi)
Pembagian
3/3
% (persen)
Persen
20%
^ (pangkat)
Pangkat
3^2

            Proses perhitungan arotmatik akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan hirarki operator hitung sebagai berikut:

·         Pertama operasi yang ada dalam kurung ()
·         Kedua operasi akar atau pangkat (  atau ^)
·         Ketiga operasi kali atau bagi (* atau /)
·         Keempat operasi tambah atau kurang (+ atau -)
1.      Menggunakan Rumus Fungsi
Rumus fungsi adalah rumus yang sudah disediakan oleh Ms.Excel, untuk membantu pertitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai kebutuhan. Penulisan rumus fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, alamat cell atau range yang mesti diapit oleh tanda kurung.

Fungsi Bantu Statistika

a.         Max          : menentukan nilai terbesar dari suatu range
b.        Min           : menentukan nilai terkecil dari suatu range
c.         Sum          : menentukan jumlah dari isi data yang terdapat pada satu range
d.        Count       : menentukan jumlah data yang terdapat pada suatu range
e.         Average    : menentukan nilai rata-rata yang terdapat pada suatu range

2.      Fungsi-fungsi yang sering digunakan
a.       Fungsi Average (…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah:
=AVERAGE(number1,number2,…) dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Untuk mengisi nilai rata-rata pada contoh diatas, maka rumusnya adalah =AVERAGE(B2:B4) kemudian tekan tombol enter.

b.      Fungsi Logika IF (…)

Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0.
Fungsi IF yang dalam bahasa kita berarti “jika”  merupakan  kata yang digunakan menyatakan suatu argument atau pernyataan tertentu sehingga diperoleh penjelasan yang pasti. Misal, Jika kamu mandi maka badan kamu bersih. Fungsi IF ada dua, yaitu IF Tunggal dan IF Ganda.

·         Fungsi IF Tunggal

Fungsi IF Tunggal adalah fungsi yang didalamnya terdapat 1 syarat dan terdapat 2 pilihan. Seperti =IF(ekspresi logika,nilai benar,nilai salah) atau =IF(Logical_test,Value_if_true,Value_if_false). Dimana:
a.       Logical_test: cell yang akan dievaluasi berdasarkan syarat percabangan yang ditentukan.
b.      Value_if_true: pernyataan atau nilai jika syarat percabangan terpenuhi.
c.       Value_if_false: pernyataan atau nilai jika syarat percabangan tidak terpenuhi.
Berikut contoh pemakaian fungsi IF Tunggal sebagai berikut :
Gambar 15
 IF Tunggal

·         Fungsi IF Ganda

Syarat atau kondisi pada rumus ini adalah lebih dari dua, dimana hasil pertama, kedua, ketiga dan seterusnya akan sesuai dengan syarat tersebut, sedangkan syarat terakhir tidak sesuai dengan syaratnya. Seperti =IF(ekspresi logika,nilai benar,IF(ekspresi logika,nilai benar,if(...))) maksimal 8 IF. Dimana untuk tutup kurung yang terakhir disesuaikan dengan jumlah IF yang ada. Misalnya, IF yang ditulis 2 berarti tutup kurungnya ada 2.
Gambar 16
IF Ganda

c.       Fungsi Rumus Left

Fungsi rumus LEFT adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri. Penulisan Rumusnya adalah:
=LEFT(Nama Cell, Jumlah Karakter)
Gambar 17
 Rumus Left

d.      Fungsi Rumus Right

Fungsi rumus RIGHT adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kanan. Penulisan Rumusnya adalah:
=RIGHT(Nama Cell, Jumlah Karakter)
Gambar 18
Rumus Right

e.       Fungsi Rumus MID

Fungsi rumus MID adalah untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari tengah. Penulisan Rumusnya adalah:
=MID(Nama Cell, Nilai Awal, Jumlah Karakter)
Gambar 19
Rumus MID

f.       Fungsi Konjungsi (AND)

Fungsi AND digunakan apabila kedua syarat merupakan kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan nilai yang benar. Bentuk penulisannya:
=IF(AND(syarat1,syarat2),”nilai_benar”,”nilai_salah”)
Gambar 20
Fungsi END

g.      Fungsi Disjungsi (OR)

Fungsi OR digunakan apabila salah satu syarat adalah merupakan kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan nilai yang benar. Bentuk penulisannya:
=IF(OR(syarat1,syarat2),”nilai_benar”,”nilai_salah”)
Gambar 21
 Fungsi OR

h.      Fungsi Negasi (NOT)

Fungsi Not adalah fungsi yang menyatakan apabila kondisi SALAH maka akan bernilai TRUE. Contoh penerapan rumus:
=IF(NOT(B1=25);”BENAR”;”COBA LAGI”)
Gambar 22
 Fungsi NOT

i.        Fungsi Count

Fungsi Count yaitu untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dan menghitung angka dalam daftar argumen. Misalnya, Anda dapat memasukkan rumus berikut untuk menghitung angka dalam rentang A1:A20: maka dapat ditulis rumusnya untuk menghitung jumlah data range tersebut dengan =COUNT(A1:A20)

j.        Fungsi Countif

Fungsi Countif yaitu untuk menghitung jumlah sel dalam suatu rentng yang memenuhi kriteria, tunggal yang Anda tentukan. Misalnya, Anda dapat menghitung semua sel yang diawali huruf tertentu atau Anda dapat menghitung semua sel yang berisi angka yang lebih besar dari atau lebih kecil dari angka yang Anda tentukan.

k.      Fungsi Vlookup dan Hlookup

Vlookup termasuk kedalam salah satu fungsi yang paling banyak digunakan dalam aplikasi Excel. Sesuai dengan nama dasarnya yaitu lookup yang bisa diartikan melihat atau mencari, maka fungsi ini akan menghasilkan suatu formula untuk mengisi data pada tabel berdasarkan data pada tabel lainnya atau tabel referensi tertentu dengan menggunakan suatu nilai kunci yang spesifik. Awalan huruf V didepan kata lookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertical ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana judul kolomnya terletak dibagian atas dan data-datanya tersusun kebawah secara vertikal.
Hlookup berfungsi untuk mencari nilai dibaris teratas tabel atau array nilai, lalu mengembalikan nilai dikolom yang sama dari baris yang Anda tentukan dalam tabel. Gunakan Hlookup jika nilai perbandingan terletak disebuah baris dibagian atas tabel data dan Anda ingin mencari ke beberapa baris tertentu dibawahnya. Huruf  H pada Hlookup merupakan singkatan dari “Horizontal”.

3.5.  Pivot Table

Pivot Table adalah fitur pada Excel yang memudahkan Anda melihat ringkasan data berupa tabel interaktif , padat informasi dan dapat dilengkapi dengan chart. Hasil analisa dari PivotTable biasanya menjadi dasar laporan manajemen. Pada tutorial singkat ini akan ditunjukkan langkah demi langkah pembuatan dasar Pivot Table.
Berikut langkah-langkah membuat Pivot Table :
1.         Buka sheet transaksi
Gambar 23
Sheet Pivot Table
2.      Pilih range data A1:F43680. Anda bisa juga menempatkan kursor pada salah satu cell yang berisi data dan kemudian menekan tombol CTRL + SHIFT + *.
3.    Pada ribbon, klik tab Insert dan pilih menu PivotTable à Insert PivotTable.
Gambar 24
 Pivot Table
4.         Pada dialog yang muncul, pilih New Worksheet, klik tombol OK.
Gambar 25
 New Worksheet
5.      Suatu kotak PivotTable (PivotTable Box) akan muncul pada sheet baru. Pada kotak tersebut terdapat panel daftar field (PivotTable Field List) pada posisi sebelah kanan worksheet.Gambar di bawah ini memperlihatkan tampilan PivotTable dengan enam heading field yang berasal dari range data yang Anda pilih sebelumnya.
Gambar 26
 Pivot Table Box
6.      Pada bagian bawah panel terdapat empat kotak area dimana Anda bisa masukkan field-field yang terdapat pada field list.Fungsi dari keempat kotak tersebut adalah sebagai berikut:
Report Filter : pada kotak ini field akan digunakan sebagai filter yang mempengaruhi hasil data pada PivotTable.
Column Labels : isi data dari field akan ditempatkan pada bagian kolom sesuai urutan.
Row Labels : isi data dari field akan ditempatkan  pada bagian baris sesuai urutan.
Values : nilai field yang terdapat pada
kotak ini akan ditampilkan sebagai perhitungansummary dari countsumaverage, dan lain-lain.
7.    Susunlah penempatan kombinasi field sebagai berikut:
8.    Field nama_kategori ditempatkan pada  kotak Column Labels.
9.    Field nama_cabang ditempatkan pada kotak  Row Labels.
10.     Field jumlah_unit ditempatkan pada kotak Values.
11.  Perhatikan pada saat ditempatkan di kotak Values, nama field jumlah_unit akan berubah menjadi Sum of jumlah_unit. Ini menunjukkan bahwa  field adalah menggunakan tipe perhitungan sum (penjumlahan) dari field jumlah_unit.
Gambar 27
 Kotak Values
12.    Hasil pengaturan di atas pada area PivotTable akan terlihat seperti gambar berikut:
Gambar 28
Pivot Table
13.    Berikut langkah untuk menambah kategori baru:
14.    Tambahkan kembali field jumlah_unit ke kotak Value. Akan muncul field baru dengan nama Sum of jumlah_unit2.
Gambar 29
Kotak Value
15.    Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.
16.    Kembali ke area Values, klik tombol panah bawah pada field Sum of jumlah_unit2. Pilih menu Value Field Settings.
Gambar 30
Value Field Setting
17.    Pada dialog yang muncul rubah Sum menjadi Count.  Perhatikan nama field akan berubah menjadiCount of jumlah_unit2.
Gambar 31
 Count
18.    Klik OK
19.    Pada area PivotTable, kita sekarang mendapatkan dua summary yang berbeda, yakni :
20.    Nilai total unit penjualan (sum).
21.    Jumlah transaksi (count).
22.    Adapun langkah-langkah untuk membuat chart/grafik dalam PivotTable adalah sebagai berikut
23.    Pilih range data yang akan dibuat grafik
Gambar 32
Range Data
24.  Pada menu Insert, klik ikon Pivot Chart
25.  Sehingga akan muncul sheet baru dengan tampilan seperti ini
Gambar 33
 Pivot Chart
26.    Centang field yang akan dimasukkan kedalam chart  dalam tabel Pivot Chart Field
Gambar 34
Pivot Chart Field
27.    Sehingga akan muncul data yang akan disortir dan grafiknya
Gambar 35
Grafik

3.6.  Membuat Grafik

Selain menggunakan tabel penyampaian informasi dapat dilakukan dengan menggunakan gambar atau grafik. Dalam Ms.Excel ada fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat grafik yaitu melalui Chart Wizart. Ada tempat langkah utama yang dapat dilakukan untuk membuat grafik melalui chart wizart, yaitu :
1.      Menentukan tipe grafik (Chart Type)
2.      Menentukan data yang akan dijadikan grafik melalui kotak dialog Source Data
3.      Menentukan Chart option
4.      Menentukan lokasi grafik ditempatkan

BAB 4
INTERNET

4.1.  Pengertian Internet

Gambar 36
 Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalan sebugah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang berada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di internet secara gratis.

4.2.  Manfaat Internet

1)      Mencari informasi (hosting) dan research di internet
Hosting dilakukan seseorang untuk mencari berita, referensi, maupun bacaan. dengan hosting, pengguna dapat memperoleh informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat diakses oleh pengguna lain.
2)      Berkirim surat (e-mail)
E-mail merupakan suatu kegiatan berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.
3)      Berbelanja online (e-commerce)
E-commerce (Electronic commerce) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan saat ini. Misalnya, internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya. Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus sebagai website untuk penjualan barang-barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com, dan lain-lain.
4)      Internet banking
Internet banking atau electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, maupun online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya internet banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Di Indonesia bank-bank yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.
5)      Belajar jarak jauh (e-learning)
E-learning atau sering disebut juga dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling berjauhan dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia yang mempinyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun akan menjadi lebih maksimal.
6)      Mengobrol (chatting)
Chatting adalah kegiatan atau pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi, sedangkan chatting di internet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya yang murah.

4.3.  Blog

Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web).  Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.
Adapun jenis-jenis blog sebagai berikut:
·         Blog Pribadi :
Bertujuan untuk memberikan informasi yang update tentang diri pemilik blog. Seputar pengalaman, hal-hal yang berkesan, catatan harian, catatan perjalanan pribadi, dan sebagainya.
·         Blog Kesehatan :
Bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan terkini.
·         Blog Bisnis :
Bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar bisnis sebuah perusahaan

4.4.  Wordpress

WordPress adalah salah satu platfrom blog yang saat ini sudah mengalami banyak perkembangan sehingga bisa kita gunakan untuk membuat website untuk banyak keperluan, seperti website statis, website toko online, website profil bisnis, website properti, website kursus online, dan lain sebagainya. Jadi fungsi WordPress sudah tidak hanya sebatas blog.
Adapun jenis-jenis Wordpress sebagai berikut:
·         WordPress Instan
WordPress Instan bisa kita dapatkan dengan cara membuat akun di WordPress.com, WordPress.com layanannya secara gratis.
·         WordPress Instal
WordPress Instal bisa kita dapatkan dengan cara mengunduh di situs WordPress.org dan menginstalnya di hosting milik sendiri (self hosted). WordPress self hosted mensyaratkan Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri, yang tentu ada biayanya. Untuk membeli domain dapat dilihat di link berikut :
1)      Beli domain murah: www.webhostmu.com/domain
2)      Sewa hosting berkualitas: www.webhostmu.com/hosting
1.      Klik link ini >> www.WordPress.com. Setelah terbuka, nanti akan muncul form seperti gambar dibawah ini
2.      Pilihlah nama blog Anda pada kolom tersebut, nantinya nama ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi blog WordPress.com Anda. Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik tombol “Buat Situs Web”.
3.      Setelah itu, akan muncul form seperti berikut. Isi kolom-kolom tersebut menggunakan informasi yang benar. Nantinya informasi seperti email, nama pengguna (username), dan password, akan selalu Anda gunakan ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik Anda.
Gambar 37
Form
4.      Pada kolom Alamat Surel (Email), pastikan Anda menggunakan alamat email yang aktif, dan sering Anda buka. Karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan melalui email tersebut. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu. Bisa di Yahoo, Google, atau yang lain.
5.      Pada kolom Nama Pengguna (Username), pilih nama pengguna yang Anda sukai. Mohon untuk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, karena nama pengguna ini sifatnya eksklusif dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Jika username pilihan Anda ditolak, cari nama lain hingga diterima.
6.      Pada kolom Kata Sandi atau password, buatlah kata yang sedikit unik, yang kira-kira Anda selalu ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.
7.      Jika nama blog yang Anda masukkan tadi tersedia dan bisa diterima oleh WordPress, maka pada kolom Alamat Blog ini akan tertera nama blog pilihan Anda dengan ditandai tanda centang berwarna hijau. Namun jika nama pilihan Anda sudah dipakai oleh pengguna lain, maka akan muncul tanda centang berwarnamerah.
8.      Jika pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selesai, scroll ke bawah mouse pointer Anda, sehingga di tampilan layar laptop / PC Anda terlihat tabel seperti berikut.
Gambar 38
Tabel
9.      Klik tombol “Buat Blog” yang saya tandai dengan panah merah, karena kita akan membuat versi blog WordPress yang gratisan. dan WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.
10.  Sekarang saatnya Anda melakukan penyesuaian terhadap blog yang hendak Anda pakai. Kurang lebih ada 4 langkah yang bisa Anda ikuti, silahakan klik pada gambar:
Gambar 39
penyuntingan
11.  dan pastikan Anda melihat notifikasi seperti berikut:
Gambar 40
Notifikasi
12.  Sekarang buka email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yang dikirimkan oleh WordPress.
13.  Apabila akun Anda sudah aktif, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini:
Gambar 41
Pesan Akun yang aktif

BAB 4
PENUTUP

Komputer diciptakan untuk mempermudah aktifitas kita. Komputer dapat membantu menyelesaikan tugas kita dengan menghemat waktu dan tenaga.
Aplikasi komputer yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menyelesaikan tugas-tugas kita memiliki karakteristik dan penggunaan yang berbeda.
Miscrosoft word dan excel digunakan untuk mengolah data dan lain sebagainya. Internet pun dapat membantu aktifitas kita untuk menjangkau seluruh dunia.
Diharapkan dengan dirancangnya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Internet dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA


Gairola, C. M. (2004). Information and Communications Technology for Development. New Delhi: Elsevier.
S.P.Hariningsih. 2005. Teknologi Informasi. Penerbit Graha Ilmu.
Yuhetty, H. (n.d.). ICT and Education in Indonesia. Retrieved 11 20, 2008, from http://www.lib.itb.ac.id/: http://www.lib.itb.ac.id/~mahmudin/e-list/Indonesia-ICT-paper.pdf
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Penerbit:Alfabeta.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Penerbit:Alfabeta.

TENTANG PENULIS

Risya Nur Rayhani lahir di Bandung, 4 Oktober 1997. Saat ini ia adalah Mahasiswi Jurusan Agroteknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 2015 s/d sekarang. Selain sebagai mahasiswi di jurusan Agroteknologi/Pertanian, ia aktif pula di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Teater Awal Bandung dari tahun 2015 s/d sekarang.
Nama panggilan yang sering diberikan kepadanya banyak, mulai dari Malik sebagai nama sanggar di Teater Awal Bandung, ia pun sering dijuluki Manusia Bunglon atau Putri Padi.
Meski ia aktif di berbagai kegiatan, ia akan tetap terus fokus pada perkuliahan yang sedang dijalaninya pada bidang pertanian. Hal ini tidak menyurutkan bahwa seorang perempuan tidak dapat menimba ilmu setinggi mungkin. Ia berpendapat bahwa seorang wanita dituntut berpendidikan karena kelas setiap wanita akan menjadi pendidik di masa yang akan datang.  
Ia menyusun buku Aplikasi Komputer ini untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Komputer pada Semester 2 pada perkuliahan. Diharapkan akan ada lagi karya dan prestasi-prestasi lainnya yang ia hasilkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH PELANGI :))

Ini semacam sedang mencari jati diri..

Wanita ? siapa dia ?